Merawat Rambut Berjilbab

Bismillahirrahmanirrahiim...

Merawat Rambut Berjilbab. Bagi wanita muslim jilbab merupakan pakaian khusus muslimah yang hampir setiap hari selalu dipakai. Jilbab merupakan pakaian penutup kepala yang fungsinya untuk menutup seluruh area kepala sampai leher kecuali bagian muka, tapi ada juga yang menutup sampai kebagian dada.

Banyak wanita muslimah mempunyai masalah dengan rambut rontok, ketombe karena seringnya memakai jilbab. Jika dibiarkan terus menerus tentu akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan rambut. Untuk merawat rambut berjilbab agar tetap sehat ada beberapa tips khusus yang perlu dilakukan oleh Anda para muslimah.

Perawatan rambut untuk wanita berjilbab dan tidak berjilbab tentunya berbeda, bagi wanita berjilbab merawat rambut agar tetap sehat memang dibutuhkan perawatan yang sedikit lebih susah. Tips merawat rambut berjilbab dibawah ini mungkin bisa membantu Anda para muslimah untuk menjaga rambut Anda tetap sehat dan indah.



Berikut beberapa tipsnya :
  1. Pastikan rambut kering saat memakai jilbab. Sebelum Anda memakai jilbab pastikan kondisi rambut benar-benar kering, ini untuk menghindari agar rambut Anda tidak lembab. Jangan terlalu sering menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut karena suhu panas hair dryer tidak bagus untuk kesehatan akar rambut. Tapi jika terpaksa gunakan hair dryer dengan jarak antara 15 cm dari permukaan kulit kepala Anda.

  2. Keramas secara teratur. Keramas secara teratur rambut Anda setiap 2-3 hari agar rambut selalu bersih terhindar dari kotoran. Anda bisa menggunakan shampoo yang cocok untuk jenis rambut Anda. Menggunakan shampoo yang berfungsi untuk kesuburan rambut sangat bagus untuk menjaga rambut dari kerontokan yang berlebihan. Bilas sebersih mungkin setelah Anda keramas, karena sisa busa shampoo bisa menimbulkan ketombe.

  3. Gunakan Hair Tonic. Setiap habis keramas gunakan hair tonic sambil lakukan pijatan-pijatan ringan pada kulit kepala Anda agar hair tonic cepat meresap ke akar rambut, ini sekaligus untuk melancarkan peredaran darah di area kulit kepala.

  4. Gunakan Masker Rambut. Untuk memaksimalkan perawatan rambut, Anda bisa menggunakan masker rambut. Gunakan masker yang cocok dengan kondisi rambut Anda. Sebaiknya beli masker rambut di salon kecantikan, karena kalau Anda kurang paham jenis rambut Anda, anda bisa konsultasi lebih dulu dengan kapster salon tersebut.

  5. Jangan mengikat rambut terlalu keras. Mengikat rambut biasanya dilakukan oleh mereka yang mempunyai rambut panjang terurai. Hindari mengikat rambut terlalu keras karena akar rambut akan tertarik, kalau ini dilakukan secara terus menerus akibatnya rambut akan mudah rontok dan patah. Lebih baik menggunakan jepit rambut daripada karet.

  6. Pilih jenis jilbab yang tidak panas. Jilbab dengan kain dasar dari katun/kaus biasanya lebih bagus, terutama untuk digunakan sehari-hari karena lebih nyaman dipakai dan tidak panas. Selain itu pilihlah warna yang terang, karena warna gelap seperti hitam, coklat tua mempunyai sifat menyerap panas.

  7. Jangan terlalu sering mengikat jilbab di leher. Mengapa? Karena mengikat jilbab dileher akan mengganggu sirkulasi udara. Udara yang keluar masuk ke rambut akan terhambat dan semakin menipis.

Cobalah beberapa tips merawat rambut berjilbab diatas untuk menghindari kerusakan pada rambut Anda. Dengan sedikit tips tersebut Anda para muslimah akan tetap merasa nyaman menggunakan jilbab tanpa ada rasa khawatir kondisi rambut menjadi rusak.

Source : Healthy Lifestyle